• Jelajahi

    Copyright © 2022 - WildanTaufik.com - Direktori Keuangan Digital
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan Header

    Cara Pasang ADS.TXT Di Blogger dan WordPress, Update 2024

    Admin
    Editor: Redaksi 03 Januari 2024, 09:50 WIB Last Updated 2024-01-03T02:50:40Z
    Baca Juga
    Wildantaufik.com - Cara Pasang ADS.TXT Di Blogger dan WordPress Terbaru - Terkait dengan cara pasang ads.txt sebenarnya juga merupakan salah satu teknik untuk mengoptimalkan penghasilan blog atau situs web anda.

    Cara Pasang ADS.TXT Di Blogger dan WordPress



    Jika anda tidak memasang ads.txt di blog sementara anda sudah menggunakan Google AdSense, anda akan mendapatkan pemberitahuan dari pihak Google. Isinya kurang lebih menjelaskan bahwa penghasilan anda beresiko karena tidak memasang Ads.txt di blog.

    Google sendiri menyarankan agar para publishernya menggunakan ADS.TXT karena ini bisa meningkatkan penghasilan mereka [meski informasi ini masih simpang siur].

    Untuk lebih memahami apa itu ADS.TXT berikut akan diulas tentang pengertian dari ADS.TXT, bagaimana cara kerjanya dan cara untuk memasang ADS.TXT di Bloger dan WordPress

    Apa itu ADS.TXT


    Saat ini, jaringan periklanan tersebar luas dari seluruh dunia. Periklanan jenis ini adalah periklanan yang terprogram dan makin marak dengan melibatkan berbagai agensi, merek, penerbit, vendor dan industri.

    Salah satu cara untuk bisa menargetkan iklan yang relevan kepada para pengguna, entah itu di media sosial, internet, dan juga aplikasi, maka harus memiliki suatu jendela masuk.

    Jendela ini melibatkan berbadai data-data yang dikumpulkan, mulai dari riwayat pencarian, umur, wilayah dan semua data penting lain. Hal ini yang kemudian disebut dengan ADS.TXT.

    Sebenarnya, fungsi ads.txt jauh lebih besar ketimbang untuk memaksimalkan iklan dan membuat iklan lebih tertarget. ADS.TXT sebenarnya merupakan sebuah file teks yang disetujui oleh IAB yang bertujuan untuk mencegah penjualan inventaris yang tidak sah di internet.

    Cara kerja Ads.TXT


    Penerbit biasanya akan menempatkan file teks tersebut pada server web mereka yang mencamtumkan semua perusahaan yang mempunyai jaringan periklanan atau program seperti affiliasi untuk menjual inventaris kepada para penerbit [pengguna].

    Dengan kata lain, file text ini berusaha mengkonfirmasi bahwa inventaris iklan yang ada di situs web penerbit itu sah dan mereka memiliki izin untuk menjual dan menayangkan iklan.

    Selain itu, dengan adanya ads.txt, memungkinkan orang yang mengklik iklan tersebut atau orang yang melihatnya bisa memeriksa validitas inventaris yang ditampilkan.

    Singkatnya, Ads.txt adalah prakarsa yang dikembangkan oleh IAB Tech Lab yang bertujuan untuk memerangi jenis penipuan iklan tertentu, terutama yang berkaitan dengan arbitrase inventaris dan domain illegal sekaligus untuk memberikan transparansi dari jaringan periklanan.

    ADS.TXT pertama kali dirilis pada mei tahun 2017, yang tergabung dana proyek file text iklan yang dirancang untuk membuat jaringan iklan online lebih jelas, tertarget dan relevan.

    Secara khusus, ads.txt bertujuan untuk menangani spoofing domain [sejenis penipuan iklan]. Yang sebenarnya, ideanya sih bukan penipuan iklan.

    Melainkan sebuah praktik dimana tayanangan [iklan] di klik dan kemudian dikemas ulang sedemikian rupa untuk di klik ;lagi oleh orang yang sama oleh pihak ketiga.

    Selain itu, dengan ads.txt juga bertujuan untuk mencegah pembajakan domain di jaringan periklanan. Baik menggunakan malware yang sudah diinstal di komputer pengguna atau dengan mengubah url dalam tag iklan.

    Ads.txt sebenarnya sangat penting bagi sebuah situs web. Selain bisa membuat iklan bisa tertarget, juga membuat iklan lebih relevan, tidak menipu, dan tidak disalah gunakan oleh orang lain. Setelah membaca pengertian dari ADS.TXT sekarang kita berlanjut bagaimana cara pasang ads.txt.

    Cara Mengaktifkan ADS.TXT di Blogger


    Meski kelihatan tidak terlalu penting, tapi jangan remehkan ADS.TXT ini. Google sendiri merekomendasikan penggunanya yang sudah menjadi mitra dari AdSense untuk menggunakan ads.txt di blognya.

    Jika anda pengguna Blogger, anda bisa memasang ads.txt secara manual. Karena Blogger sudah menyiapkan kolom khusus di dashboard untuk memasang ads.txt

    Jika anda ingin memasang ADS.TXT di blogger, silahkan ikuti panduan dibawah ini:

    • Silahkan masuk ke dashboard Blogger
    • Setelah itu, silahkan klik di bagian setelan
    • Disini silahkan klik pada preferensi penelusuran
    • Silahkan pastekan kode ADS.TXT dibawah pada kolom yang tersedia [pada gambar dibawah ini terletak pada nomor 6]

    • Klik simpan perubahan

    Sampai disini anda sudah bisa memasang ads.txt di blogger. Setelah anda memasang ADS.TXT logaritma AdSense akan merayapinya. Jika ada kesalahan, di dashboard adsense akan mendapatkan peringatan seperti pada gambar dibawah ini. Jika tidak, berarti ads.txt anda tidak bermasalah

    Cara Pasang ads.txt di WordPress


    Berbeda dengan Blogger yang sudah menyiapkan kolom khusus untuk memasang Ads.txt. Di WordPress anda harus menggunakan plugin.

    Jika anda menggunakan plugin untuk penempatan AdSense, misalnya, anda menggunakan Quick AdSense, maka secara otomatis ADS.TXT anda akan langsung dideteksi.


    Jika anda belum punya file ini, plugin tersebut akan otomatis membuatnya untuk anda. Namun anda harus mengkonfirmasi pembuatan ads.txt otomatis tersebut.

    Jika anda ingin melakukannya secara manual, anda bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini, antara lain:
    • Silahkan masuk ke dashboard WordPress anda
    • Setelah itu, silahkan klik Plugin> Tambah plugin baru
    • Cari plugin Ads.txt Manager
    • Setelah itu silahkan klik Instal dan Aktifkan
    • Jika sudah aktif silahkan klik pada pengaturan> lalu pilih Ads.txt
    • Disini silahkan tempelkan kode ads.txt dibawah
    • Klik Save


    Pada kolom yang tersedia anda dapat mengisi semua file ads.txt sesuai dengan jumlah jaringan periklanan yang anda gunakan di blog anda.

    Misalnya, jika anda menggunakan AdSense, MGid, AdNow dan lain sebagainya. Cari file ads.txt-nya dan masukan dikolom yang tersedia diatas.

    Selain menggunakan plugin, anda juga dapat memasang ADS.TXT lewat cp-panel. Jika anda ingin memasang ads.txt di Cp-panel silahkan ikuti panduan dibawah ini:

    • Sebelum memasang ads.txt silahkan copy code ads.txt di notepad dan simpan. 
    • Jika anda menggunakan adsense, anda bisa melihat kode ADS.TXT dibawah
    • Setelah itu silahkan masuk ke CP-Panel hosting anda
    • Disini silahkan klik File Manager atau pengelola File
    • Setelah itu, silahkan masuk ke public_html dan domain yang anda ingin pasang ads.txt jika anda punya beberapa domain di satu hosting
    • Jika sudah, silahkan klik Upload pada menu bagian atas dan upload file ads.txt tadi yang sudah anda buat di notepad
    • Setelah terupload silahkan refresh file manager maka anda akan melihat file Ads.TXT di direktori tersebut


    Untuk mengecek apakah file ads.txt sudah ada disitus web silahkan masukan namadomain anda dan ditambah ads.txt. Sebagai contoh https://www.namadomainanda.co.id/ads.txt. Jika muncul kode ads.txt seperti yang anda upload tadi maka pemasangan ads.txt sudah berhasil dilakukan.

    Catatan : Bagi anda yang memiliki subdomain, maka anda tidak perlu lagi membuat ads.txt di subdomain tersebut. Cukup domain utama saja yang anda pasangkan ads.txt
    Cara mendapatkan kode Adsense untuk ADS.TXT


    Sebenarnya cara pasang ads.txt sangat mudah dan sebagian besar kode ads.txt diawali dengan url jaringan penerbit periklanan atau afiliasi. Namun, kode biasanya berbeda bersama dengan nomor pengkodean dan juga jenis file textnya.

    Jika anda mengugnakan adsense, maka kode adsense untuk ads.txt default sebagai berikut : google.com, pub-0000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0

    Silahkan ganti kode pub-0000000000 dengan kode iklan adsense anda. Dan disarankan untuk tidak mengganti file teks lain selain kode tersebut.

    Jika anda menggantinya, maka akan berdampak pada iklan yang tayang di blog anda sehingga iklan tersebut tidak tertarget dan tidak relevan.
    Konklusi

    Diatas memang saya tidak sebutkan tentang beberapa keunggulan lain dari memasang kode ads.txt seperti misalnya, keamanan akun AdSense dimana iklan akan terjamin keamananya jika anda memasang iklan adsense.


    Selain itu, salah satu keunggulan lain, inventaris iklan menjadi tidak terbatas. Saat tidak ada iklan tampil, maka akan digantikan dengan iklan dari Google sendiri.

    Kesimpulan


    Semoga artikel tentang Cara Pasang ADS.TXT Di Blogger dan WordPress ini dapat bermanfaat bagi para pemula blogger dan bagi yang baru terjun di dunia Blogging dan adsense.


    Ikuti Saluran WhatsApp Kami WildanTaufik.com Lainnya di Google News

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Pendidikan

    +